Soal Bahasa Indonesia

3 Des

1.  Apa yang dimaksud dengan paragraf Deskripsi? Berikan contonya!

2.  Apa yang dimaksud dengan paragraf Eksposisi? Berikan contonya!

3.  Apa yang dimaksud dengan pantun?

4.  Tulislah pantun nasihat, jenaka, dan agama!

5.  Sebutkan ciri-ciri pantun!

6.  Sebutkan dan jelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik prosa!

7.  Apa yang dimaksud dengan puisi? Kemudian tulislah sebuah puisi!

8.  Jelaskan tentang sinonim dan antonim, beserta contohnya!

9.  Kalau sampai waktuku
Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu-sedan itu
Aku ini binatang jalan
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi
(Aku, Chairil Anwar)
Jelaskan maksud puisi Aku, karya Chairil Anwar di atas!

10.  Sebutkan dan jelaskan tentang majas perbandingan, kemudian berikan contohnya!

Tinggalkan Balasan

